simplify this complex world

March 17, 2010

n introduction to seluk-beluk dunia braille (2)

Filed under: accoutre — effendisusanto @ 3:40 pm

ANGKA ARAB DI HURUF BRAILLE

Pada posting sebelumnya, saya sudah memaparkan bagaimana bentuk huruf braille serta bentuk huruf braille untuk abjad dari A- Z, ada yang perlu ditambahkan bahwa di font braille, tidak ada perbedaan antar huruf kecil(lowerCharacter) dan huruf besar(upperCharacter), umm bisa dibilang juga bahwa braille secara ascii merupakan font yang case Insensitive. Namun secara aturan, akan ada bagaimana huruf besar dan huruf kecil di Braille, semoga dalam satu/dua postingan ke depan saya ada kesempatan untuk membicarakan masalah CASE ini.

Untuk saat ini, saya akan memfokuskan diri pada karakter2 yang sering dipakai, posting sebelumnya tentang abjad, sekarang kita akan membahas angka. Braille mengenal dua jenis angka yaitu angka arab dan angka braille.

Angka arab di braille sangat mudah dihafalkan karena hanya menggunakan abjad a-j ditambah dengan tanda angka didepan angka tersebut.   Tanda angka adalah tanda dengan titik 3-4-5-6.

Bagaimana jika ada beberapa angka berurutan tanpa adanya spasi atau tab??jika terdapat 2 atau lebih angka yang berurutan, maka penulis hanya perlu menuliskan tanda angka satu kali didepan angka yang paling depan. Aturan itu tetap berlaku jika angka-angka tersebut dipisahkan oleh – (dash), titik, maupun koma.

Contoh



Sedang untuk angka romawi aturannya agak lebih ribet, dan masih ada beberapa hal yang rancu, dan membingungkan bahkan bagi  orang2 yang menyusun aturannya :)), piss ya mas budi, pak irwan dan pak bambang :D, jadi kapan2 saja saya jelaskan penggunaan angka romawi di huruf braille.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

Blog at WordPress.com.